Tingkatkan Profesionalitas SDM pada Perumda Air Minum untuk Pelayanan Prima

CIREBON – Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional harus ditunjang dengan motivasi yang tinggi. Apalagi di tengah perubahan lingkungan politik, ekonomi, sosial, dan teknologi yang begitu pesat. Oleh sebab itu, seorang pegawai di sebuah perusahaan dituntut beradaptasi pada perubahan lingkungan tersebut.

Demikian dikatakan Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, S.H., usai membuka kegiatan Diklat Manajemen Air Minum Tingkat Muda Berbasis Kompetensi di Lingkungan Perumda PAM Tirta Giri Nata Kota Cirebon bertempat di Multi Function Grage Grand Business Hotel Cirebon, Senin (14/6/2023).

“Saya mengapresiasi dan mendukung diklat ini agar para pegawai termotivasi dan berorientasi pada suksesnya penyelenggaraan tata kelola perusahaan yang baik. Sehingga dapat melayani kebutuhan masyarakat,” kata Azis.

Selain pengembangan SDM, tidak kalah penting adalah peran para pejabat yang berperan di dalam unit kerja. Pejabat wajib membangun sikap mental yang sehat, positif berpikir dan bekerja cerdas.

“Pemimpin harus menjadi contoh sekaligus memberikan motivasi bagi pegawai untuk bekerja dengan berorientasi pada pelayanan prima,” tuturnya.

Azis berharap, diklat manajemen ini mampu membangun hubungan emosional antara pimpinan dan pegawai. Sejalan dengan itu, meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat dan mewujudkan pegawai yang amanah, jujur, berintegritas, berdedikasi dan disiplin.

“Etos kerja yang baik, menekan kebocoran, pelayanan prima dan mewujudkan good coorporate governance. Itu tujuan dari diklat ini,” ujar Azis.

Di tempat yang sama, Direktur Utama Perumda PAM Tirta Giri Nata, H. Sopyan Satari, S.E., M.M., mengatakan, diklat SDM melibatkan sebanyak 70 pegawai dan bekerjasama dengan Yayasan Pendidikan Tirta Dharma.

“Yayasan ini fokus dalam pengembangan SDM yang bergerak di bidang air minum. Kami berharap para pemimpin tingkat muda bisa bekerja secara profesional dan cukup memahami tentang bagaimana bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” tuturnya.

Pihaknya juga berkomitmen meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Oleh karena itu, SDM di PAM Tirta Giri Nata harus lebih profesional.