4. Pendidikan

 

Keberhasilan pembangunan di suatu daerah, diantaranya dapat di lihat dari  tingkat pendidikan penduduknya. Semakin maju tingkat pendidikan penduduknya, maka akan membawa kepada tingkat kesejahteraan bagi penduduk tersebut.  

 

Paradigma pembangunan dewasa ini telah bergeser dari pembangunan ekonomi ke Pembangunan Manusia, dengan perioritas kepada peningkatan kualitas penduduknya, baik dilihat dari aspek pendidikannya maupun kesehatannya. Telah di sadari bahwa peningkatan sumber daya manusia menjadi sangat perlu guna peningkatan kualitas manusia menghadapi tantangan kehidupan di masa yang akan datang.

 

Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) satu di antaranya diupayakan melalui pembangunan di bidang pendidikan, terutama melalui pendidikan formal. Sementara itu, untuk memajukan dunia pendidikan upaya yang dilakukan di antaranya meningkatkan prasarana dan sarana agar dapat memperluas jangkauan pelayanan dan kesempatan kepada masyarakat dalam memperoleh pendidikan.  

 

Tersedianya sarana dan prasarana pendidikan di Kota Cirebon merupakan salah satu wujud nyata pembangunan dalam bidang pendidikan. Tahun 2009/2010 SD berjumlah 160, dengan jumlah guru sekitar 1.886 orang. SLTP berjumlah 40, dengan jumlah guru 1.072 orang, di tingkat SMU terdapat 24 Sekolah mempunyai guru + 831 orang. Di Sekolah Kejuruan (SMK) terdapat 17 Sekolah dengan jumlah guru 661 orang. Untuk sekolah sekolah keagamaan di Kota Cirebon tahun 2009/2010 MI berjumlah 17, dengan jumlah guru sekitar 255 orang. MTs berjumlah 12, dengan jumlah guru 270 orang, di tingkat MA jumlahnya 6 Sekolah mempunyai guru 146 orang.

 

 

Untuk memperoleh informasi lebih lanjut dapat di unduh (Pendidikan) disini.