1340 ORANG PASUKAN LINMAS SIAP MENGAMANKAN JALANNYA PEMILU GUBERNUR JABAR DAN WALI KOTA CIREBON

CIREBON- Dalam rangka kesiapan pengamanan pengamanan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat dan juga pemilihan Wali Kota Cirebon tahun 2018 mendatang. Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Cirebon gelar apel pasukan yang diikuti oleh 1340 orang satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas) di Gelanggang Olahraga (Gor) Bima, Cirebon, Kamis (14/12).

Dalam apel pasukan Satlinmas ini, dihadiri oleh Wali Kota Cirebon Drs Nasrudin Azis,SH Wakapolres Cirebon, Kompol Jarot Sungkowo, SH, S.ik dan sejumlah tamu undangan lainnya. Apel gelar pasukan ini pun dipimpin langsung oleh Wali Kota Cirebon, Drs. Nasrudin Azis, SH.

Dikatakan Wali Kota Cirebon dalam sambutannya mengatakan, mulai hari ini seluruh anggota Satlinmas Kota Cirebon harus sudah menyiapkan mental diri untuk menjadi pelindung dan penjaga masyarakat. Sebagai mitra pemerintah dalam membantu menjaga keamanan dan ketertiban. Diharapkan juga seluruh angota Satlinmas dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

“Kami yakin, tanpa peran Satlinmas dan kerjasama dengan masyarakat. Apa yang di cita-citakan oleh pemerintah, baik pusat, Provinsi maupun Kota. Belum tentu bisa terlaksanakan dengan baik,”katanya dalam sambutan.

Walikota juga mengatakan, Satlinmas Kota Cirebon juga dapat dilibatkan secara aktif sebagai pengamanan tak langsung dalam pelaksanaan Pilkada Kota Cirebon dan Pilgub Jawa Barat tahun 2018 nanti.

“Selain bertugas menjaga keamanan. Saudara-saudara juga harus menjaga netralitas,” tambahnya.

Sementara menurut Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Cirebon, Andi Armawan mengatakan adanya kegiatan ini bermaksud untuk mempersiapkan dan mensinergikan pelaksanaan pengaman pemilihan Gubernur Jawa Barat dam Wali Kota Cirebon di tahun mendatang. Sehingga diharapkan nantinya dapat berjalan sesuai rencana dan pelaksanaan pemilukada dapat berjalan dengan tertib dan aman.

“Intinya gelar pasukan ini sebagai persiapan kami untuk mengamankan pada saat pemilu serentak agar dapat berjalan dengan aman, tertib, serta terwujudnya keamanan dan ketertiban pada saat sebelum maupun sesudah pemilu,” Kata Andi.

Andi juga mengatakan pembentukan satuan perlindungan masyarakat tahun 2017 ini diawali dengan sosialisasi pendataan satlimas kepada kasie trantib kecamatan dan kasie pemerintahan kelurahan se-Kota Cirebon, melakukan pendataan satlinmas dengan cara menyampakan formulir kepada lurah melalui kasie pemerintahan dan perekaman data serta pemotretan anggota satlinmas dalam bentuk aplikasi linmas yang diberi nama “Simaskot Cirebon”. *