International Zheng He Society (IZHS) Siap Inves di Kota Cirebon

1Hari ini Selasa (26/7) bertempat di Ruang Atas Adipura Kencana Balaikota Cirebon, telah dilakukan dialog antara International Zheng He Society (IZHS)/Para investor Tiongkok, Singapura, dan Malaysia yang tergabung dalam organisasi OBOR (One Belt One Road) bersama Pemerintah Kota Cirebon dan perwakilan Keraton Kasepuhan terkait adanya kesiapan masuknya investor ke Kota Cirebon .

Mr. Wang salah satu CEO dari International Zheng He Society yang berpusat di Singapura tersebut menyatakan bahwa pihaknya menawarkan investasi dalam berbagai bidang terutama bidang teknologi pertanian, impor beras, chemical, LED technology, Manufactory Support dan Air Bersih. IZHS sendiri menyatakan ketertarikannya bekerjasama dengan Kota Cirebon karena Kota Cirebon merupakan satu dari lima kota yang menjadi saksi sejarah perjalanan Laksama Zheng He.

IMG_20160726_094012Mr. Wang “kami mewakili International Zheng He Society yang dipimpin oleh Dr. Tan Ta Sen dengan tujuan melanjutkan semangat Laksamana Cheng Ho yang dalam sejarah yang salah satunya merupakan pemerhati permasalahan air bersih dan lingkungan. Mudah – mudahan kedepan ketika terjalin hubungan kita bisa meningkatkan kehidupan yang layak terkait sistem pengairan dan lingkungan yang sehat di Kota Cirebon ini.” ujar Mr. Wang.

Acara yang dipimpin oleh Staf Ahli Walikota Bidang Pembangunan Ir. Budi Raharjo tersebut menjadi wadah bagi Pemerintah Kota Cirebon untuk memaparkan apa saja keunggulan sekaligus kebutuhan Kota Cirebon kepada para investor yang tergabung dalam IZHS. Salah satunya adalah Kepala Dinas Perindustrian Perdagangam Koperasi dan UMKM yang menyatakan bahwa walaupun Kota Cirebon wilayahnya terbatas yang terbatas namun memiliki potensi yang sangat besar terutama dalam bidang perdagangan dan jasa, dan menjadi salah satu kota industri yang penting bagi JawaBarat.

“Kami terbuka dan siap membantu dari sisi administrasi dan regulasi sesuai dengan aturan yang berlaku.” ucap Agus Mulyadi Kadisperindagkop dan UMKM Kota Cirebon.

Ditambahkan oleh Kadis Pekerjaan Umum ESDM Ir. Yoyon Indrayana bahwa Cirebon membutuhkan investasi untuk pembangunan elevator train untuk dapat mengatasi kemacetan, selain itu elevator train juga diharapkan dapat mendukung rencana pemerintah dalam mewujudkan Kota Cirebon sebagai Kota Metropolitan Cirebon Raya.

Sedangkan dengan pihak Kerato, IZHS sudah berencana akan membangun Zheng He Water Park, dan pihak keraton mengharapkan nantinya akan terjadi kerjasama berupa Sister City antara Cirebon dan Cina mengingat adanya kedekatan historis antara Cirebon dengan Cina.***