Puluhan Relawan Pemulasaran Jenazah Pasien Covid-19 di Kota Cirebon Dapat Pelatihan

CIREBON-Puluhan relawan kemanusiaan yang mengurus jenazah atau pemulasaran jenazah pasien Covid-19 di Kota Cirebon mendapatkan pelatihan.

Kegiatan tersebut merupakan hasil kerjasama Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon melalui Satgas Covid 19 Kota Cirebon dengan Attaqwa Center Cirebon (DKM Masjid Raya At-Taqwa) yang dilaksanakan selama 2 hari.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon Drs. H. Agus Mulyadi M. Si mengatakan puluhan relawan ini untuk menangani jenazah pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan meninggal dunia di rumah.

“Targetnya jenazah pasien Covid-19 ditangani dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan syariat agama,” katanya, Rabu (27/01/2021).

Agus mengungkapkan untuk pasien Covid-19 yang meninggal dunia di rumah sakit sudah ditangani oleh petugas dari Satgas Covid 19 di rumah sakit.

“Pembiayaan pemulasaran jenazah pasien Covid-19 yang meninggal di rumah akan ditanggung oleh Pemda Kota Cirebon,” ujarnya.

Pada saat yang sama Ketua Attaqwa Center Cirebon H. Ahmad Yani M. Ag berterima kasih kepada Satgas Covid 19 Kota Cirebon yang telah berkenan untuk kolaborasi dengan Attaqwa Center Cirebon dalam pelatihan 44 relawan yang akan bertugas dalam pemulasaran jenazah pasien Covid-19.

“Attaqwa Center Cirebon akan membuka call center untuk menerima laporan dari masyarakat jika ada pasien Covid-19 yang meninggal dunia di tempat tinggalnya,” tambahnya.

Yani memaparkan untuk tiap penanganan jenazah pasien Covid-19 pihaknya akan menurunkan 4 orang yang sudah mendapatkan pelatihan tentang protokol kesehatan dan syariat penanganan jenazah.

“Tim relawan akan mengurus jenazah dari awal sampai mengantarkan ke pemakaman,” pungkasnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *